Beranda Sport Kemenpora Desak PSSI Laporkan Malaysia ke FIFA

Kemenpora Desak PSSI Laporkan Malaysia ke FIFA

Kemenpora RI meminta PSSI melapor ke Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) terkait insiden penganiayaan terhadap suporter Indonesia oleh suporter Malaysia usai laga kedua tim pada Selasa 19 November 2019 lalu.

Pada Selasa lalu, Timnas Indonesia bertandang menghadapi Timnas Malaysia di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, sebagai rangkaian dari pertandingan Pra Kualifikasi Piala Dunia FIFA tahun 2022.

Suporter Indonesia menerima berbagai macam kekerasan dan intimidasi saat ke Bukit Jalil. Mulai dari pengepungan saat hendak keluar stadion hingga upaya penusukan yang dilakukan pendukung Malaysia.

“Kemenpora akan meminta PSSI untuk melaporkan insiden tersebut kepada FIFA,” tulis pernyataan resmi Kemenpora yang diterima VIVAnews, Jumat, 22 November 2019.

Langkah ini dilakukan untuk membalas perbuatan serupa yang dilakukan Federasi Sepakbola Malaysia beberapa waktu lalu yang melaporkan Indonesia ke FIFA karena kericuhan antarsuporter Indonesia dan Malaysia di SUGBK, Jakarta.

“Karena saat pertemuan tanggal 6 September 2019 antara kedua Menpora, ternyata Menpora Malaysia juga tetap membiarkan Federasi Sepakbola Malaysia untuk melaporkan insiden GBK ke FIFA meskipun Menpora Malaysia sudah menerima permohonan maaf Menpora Indonesia,” lanjutnya.

Langkah ini juga sebagai bentuk kekecewaan Kemenpora terhadap insiden yang terjadi saat ini. Karena sehari setelah insiden suporter Indonesia di Stadion GBK saat pertandingan Timnas Indonesia versus Malaysia tanggal 5 September 2019, Menpora Imam Nahrawi sudah menyampaikan permohonan maaf kepada Menteri Sukan dan Belia Malaysia Syed Saddiq secara langsung pada tanggal 6 September 2019 pagi di suatu hotel di Jakarta.

Dalam responsnya, Menpora Malaysia menerima permohonan maaf Indonesia, dan mengucapkan selamat datang kepada supporter Indonesia saat nantinya akan menonton pertandingan 19 November 2019 di Kuala Lumpur dan akan disambut dengan ramah oleh suporter Malaysia. Tetapi ini ternyata tidak sepenuhnya terjadi.

Kemenpora juga akan meminta pihak Kepolisian Malaysia untuk mengusut tuntas insiden yang sempat menimbulkan luka fisik pada supporter Indonesia (plus perampasan paspor) dan membawanya secara transparan ke jalur hukum.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Highlights Sepak Bola SEA Games 2019, Vietnam Vs Timnas Indonesia U-22 2-1

  Timnas Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam pada laga ketiga Grup B SEA Games 2019, Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019). Gol menit-menit akhir membuat...

BTN Punya Dirut Baru, BNI Batal Gandeng Alipay-WeChat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir perdagangan Rabu kemarin (27/11/2019) ditutup di zona merah dengan posisi koreksi tipis 0,05% ke level 6.023,04. Performa IHSG...

Jokowi Sebut Ekonomi RI Cuma Tumbuh 5,04-5,05% di 2019

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan ekonomi Indonesia pada 2019 hanya bisa tumbuh antara 5,04%-5,05%. Jokowi menyebutkan level pertumbuhan itu menjadi tantangan bagi Indonesia di...

Hawa Negatif Bertebaran, IHSG Masih Bisa Bangkit

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada pembukaan perdagangan hari ini (27/11/2019) dengan mencatatkan koreksi 0,16% ke level 6.013,27 indeks poin. Kemudian seiring berjalannya...

Recent Comments