Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-745, Gelar Prosesi Penobatan Arya Wiraraja

Sebagai puncak rangkaian acara memperingati hari jadi Kabupaten Sumenep ke-745, Minggu (02/11/14), digelar prosesi penobatan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep pertama.

Prosesi tersebut digelar di depan Masjid Agung atau Masjid Jamik Keraton Sumenep, melibatkan ratusan penari dan pendukung acara. Halaman depan Masjid Jamik disulap bernuansa keraton tempo dulu.

Kehadiran Arya Wiraraja disambut putri-putri Sumenep dengan taburan beras kuning sebagai lambang tolak bala. Arya Wiraraja dilantik oleh Prabu Kertanegara sebagai Adipati Sumenep pertama saat berusia 37 tahun. Dalam prosesi tersebut, juga diserahkan pataka dari Arya Wiraraja ke Bupati Sumenep, A. Busyro Karim. Penyerahan pataka tersebut sebagai perlambang penyerahan kekuasan Kabupaten Sumenep. Diharapkan, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dapat meneruskan cita-cita dan peerjuangan Arya Wiraraja untuk membawa Sumenep ke arah yang lebih baik.

Usai posesi Arya Wiraraja, persembahan hari jadi Kabupaten Sumenep dilanjutkan dengan pagelaran Sendratari, ‘Sumenep Mutiara tiga jaman’. Rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Sumenep diakhiri dengan Pawai Seni dan Budaya 14 Kabupaten se-Jawa. Timur, dalam Festival Kesenian Pesisir Utara.

“Kegiatan ini untuk mengenang dan memperingati berdirinya Kabupaten Sumenep. Selain itu, juga untuk melestarikan budaya lokal, dan memperknalkan budaya pesisir utara,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Sumenep, Febriyanto.

Acara tersebut juga dihadiri 20 turis mancanegara. Diantaranya dari Spanyol, Belgia, Jerman, Polandia, dan Amerika.

Sementara Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menuturkan, pawai budaya ini merupakan rangkaian Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU). “Kabupaten Sumenep mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah,” katanya.

Busyro memaparkan, momen ini membuka kembali lembaran sejarah yang pernah dituliskan para pendahulu. “Harus bisa mengambil hikmah dari pelajaran sejarah, agar Kabupaten Sumenep menjadi ‘Soul of Madura’,” ujarnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Sumenep mempunyai potensi sumber daya alam yang luar biasa, temasuk kekayaan pariwisata. “Sumenep ini punya wisata religi, dan wisata alam. Sumenep juga punya Pulau Giliyang yang mempunyai kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania,” ungkapnya.

Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 745 mengambil tema Pesona Pulau Giliyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *