menikmati coklat di coffee and cocoa science techno park

Jika berlibur di Jember, Jawa Timur atau sekitarnya, tempat baru bernama Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) bisa menjadi salah satu tempat untuk jalan-jalan. Tak hanya sebagai taman belajar, taman di kawasan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia ini juga menarik sebagai tempat wisata.

CCSTP alias Taman Sains dan Teknologi Kopi dan Kakao ini merupakan bagian dari Puslitkoka Indonesia. Lokasinya di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, sekitar 30 menit ke arah barat daya dari pusat kota Jember. Pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi jika ke sini karena lokasinya memang di pedesaan, tak bisa dijangkau dengan kendaraan umum.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) baru meresmikan CCSTP ini pada 20 Mei 2016 lalu. Sebagai tempat yang baru diresmikan, CCSTP ini pun belum dikelola secara khusus atau dipromosikan khusus kepada publik. “Saat ini kami masih menyiapkan grand design dan rencana pengelolaan yang lebih baik,” kata Sukrisno Widyotomo, ketua panitia peluncuran CCSTP pada pekan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *